EFEKTIVITAS PEMANFAATAN PLATFORM DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA SMP NEGERI 4 KENDARI
Kata Kunci:
efektifitas, platform digitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis efektivitas pemanfaatan platform digital sebagai media pembelajaran pada Siswa SMP Negeri 4 Kendari. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif model Huberman Miles.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan platform digital sebagai media pembelajaran di SMP Negeri 4 Kendari telah berjalan dengan efektif. Hal ini terbukti dari pengukuran pada masing-masing indikator efektivitas, yaitu: interaktivitas antara guru dan siswa serta antar siswa yang terjalin dengan baik; keterjangkauan, yang mana siswa dapat mengakses materi pembelajaran dengan mudah melalui WhatsApp dan Google Classroom; serta kolaborasi antara siswa dan guru yang berlangsung secara efektif. Dengan demikian, pemanfaatan platform digital telah berhasil meningkatkan kualitas dan efektivitas pembelajaran di SMP Negeri 4 Kendari.
This study aims to determine and analyze the effectiveness of the use of digital platforms as learning media for students of SMP Negeri 4 Kendari. The type of data used in this research is qualitative data. The data collection techniques used are interview and documentation techniques. The data analysis technique used is the Huberman Miles model qualitative analysis technique.
The results of this study indicate that the utilization of digital platforms as learning media at SMP Negeri 4 Kendari has been running effectively. This is evident from the measurement of each effectiveness indicator, namely: interactivity between teachers and students and between students that is well established; affordability, where students can access learning materials easily through WhatsApp and Google Classroom; and collaboration between students and teachers that takes place effectively. Thus, the utilization of digital platforms has successfully improved the quality and effectiveness of learning at SMP Negeri 4 Kendari.