Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kualitas Pelayanan terhadap Kinerja pada Kantor Kelurahan Kadia Kota Kendari

Herman Herman, Abdul Azis Muthalib, La Ode Almana

Abstract


Penelitian ini bertujuan menguji dan menjelaskan secara empiris Pengaruh Lingkungan Kerja dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Kelurahan Kadia Kota Kendari. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 86 orang yang merupakan pegawai Kantor Kelurahan Kadia Kota kendari. Teknik penentuan sampel menggunakan metode sampel jenuh yaitu sebanyak 86 orang. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a). Lingkungan Kerja dan Kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pegawai (b). Lingkungan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja dan (c). Kualias Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja Pegawai Kelurahan Kadia Kota Kendari.

Keywords


Lingkungan Kerja; Kualitas Pelayanan; Kinerja Pegawai

Full Text:

PDF

References


Akbar, R., Muhammad. (2013). “Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Employee Engagement (Studi pada Karyawan PT. Primatexco Indonesia di Batang)”. Journal of Social and Industrial Psychology. Vol. 2, No. 1, pp. 10 – 18.

As’ad, Moh. 1991. Psikologi Industri Edisi Revisi. Yogyakarta: Liberty

Bass, B. M., Avolio, B. J., Jung, D. I., Berson, Y. (2003). Prediction unit performance by assessingtransformational and transactional leadership. Journal of Applied Psychology, 88(2), 207–218.

Basuki, dan Susilowati, Indah. 2005 “Dampak Kepemimpinan, dan Lingkungan Kerja, Terhadap Semangat Kerja”. Jurnal JRBI. Vol 1 No 1. Hal : 31-47

Douglas, A.Gray. 1996. Anda Siap Sebagai Wiraswasta. Cetakan Pertama. Jakarta: Arcan

Gomes, Faustino Cardoso. 2003. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Andi Offset.

Juran, Joseph M. 1993. Quality Planning and Analysis. Edisi ketiga. Mc-Graw Hill Book, Inc. New York.

Kotler, Philip. 1997. Manajemen Pemasaran Analisis Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian (terjemahan Jaka Wasana). Salemba Empat. Jakarta

Locander, W.B.,F. Hamilton,D. Ladik & J Stuart (2002), “Developing a Leadership-Rich culture: The Missing link to creating a market-focused organization, journal of marketing-focused management, Vol.5, pp.149-163

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2005. Manajemen Sumber Daya Perusahaan. PT.Remaja Rosdakarya: Bandung.

Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung. PT, Remaja Rosdakarya

Mathis Robert, Jackson John. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Salemba empat

Nitisemito, Alex. 1992. Manajemen dan Sumber Daya Manusia, BPFE UGM, Yogyakarta.

Nitisemito, Alex, 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Nugroho, Cahyo Adi. 2015. Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pariwisata DIY. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.

Parasuraman, A. A. Zeithaml, V., and L. Berry, L. 1995. “A Conceptual Model of Service Quality and Its Implications for Future Research”. Journal of Marketing. Vol. 49 (fall).

Riduwan, 2009. Metode & teknik Menyusun Proposal Penelitian, Alfabeta, Bandung.

Rivai, Veitzal., 2003, Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan: Dari Teori ke Praktik. Jakarta: PT.Rajagrafindo Persada.

Rivai, Veithzal dan Mulyadi, Deddy. 2009. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada.

Robbins, Stephens P dan Coulter, Mary. 1999. Manajemen. Edisi ke-enam. jakarta: PT.Prenhallindo

Robbins, Stephen. P. 2003. Perilaku Organisasi. Jakarta: Gramedia.

Sedarmayanti. 2007. Manajemen SDM cetakan 1. Bandung. PT. Refika Aditama

Sedarmayanti.2009. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Bandung: CV Mandar Maju.

Srimindarti, Ceacilia. 2004. Balanced Scorecard Sebagai Alternatiff Untuk Mengukur Kinerja. Fokus Ekonomi, Vol 3 No 1.

Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kombinasi. CV. Alfabeta Bandung.

Supriatna, Ade. 2003. “Analisis Sistem Pemasaran Gabah dan Beras (Studi Kasus Petani Padi di Sumatera Utara)”. Bogor : Puslitbang Sosek Pertanian.

Tjiptono, Fandy. 1995. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.

Tjiptono, Fandy. 2004, Strategi Pemasaran, Edisi 2, Penerbit Andi, Yogyakarta.

Warella, Y. 1997. Administrasi Negara dan Kualitas Pelayanan Publik Pidato Pengukuhan jabatan Guru Besar Madya ilmu Administrasi Negara. Universitas Diponegoro. Semarang.

Zeithaml, A., V. Parasuraman, A. and L. Berry L. 1985. “Problems and Strategies in Services Marketing”. Jurnal of Marketing Vol. 49. (Spring).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Sigma: Journal of Economic and Business

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright © 2018 Sigma: Journal of Economic and Business. All rights reserved.
View My Stats