PENGARUH BRAND IMAGE DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN MEMILIH SEKOLAH TINGGI ILMU EKONOMI ENAM ENAM KENDARI PROGRAM STUDI MANAJEMEN

Penulis

  • Arial Habel Sharon Wurara Penulis
  • Abdul Hakim Penulis
  • La Ode Hamida Penulis

Kata Kunci:

brand image, promosi, keputusan memilih

Abstrak

Pendidikan merupakan kebutuhan penting bagi setiap individu, siswa yang bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan pasca sekolah menengah atas atau sekolah kejuruan harus memastikan gelar studi yang mereka inginkan. Ketika seorang calon mahasiswa memutuskan untuk kuliah di institusi pilihannya, mereka akan mengevaluasi keadaan dan kondisi yang ada. Pendekatan yang paling efektif untuk berhasil merekrut calon mahasiswa ke perguruan tinggi adalah dengan mengintegrasikan Brand Image dan promosi institusi sambil meningkatkan kualitas dan kinerjanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand image dan promosi terhadap Keputusan memilih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari pada program studi manajemen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif terhadap data primer dan data sekunder. Sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 94 responden yang merupakan mahasiswa program studi manajemen di Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam Kendari. Alat analisis pada penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa brand image dan promosi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih sekolah tinggi ilmu ekonomi enam enam Kendari. Secara parsial brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan memilih, sementara promosi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap keputusan memilih.

Education is a fundamental necessity for every individual. Students who aspire to continue their education after high school or vocational school must carefully consider their desired degree program. When a prospective student decides to attend their chosen institution, they evaluate the available circumstances and conditions. The most effective strategy for successfully attracting prospective students to higher education is to integrate the institution's brand image and promotional efforts while simultaneously improving its quality and performance. This study aims to examine the impact of brand image and promotion on the decision to choose the STIE Enam Enam Kendariin the Management Study Program. The study employs a quantitative approach, using both primary and secondary data. The sample consists of 94 respondents who are students of the Management Study Program at the STIE Enam Enam Kendari. The analysis tool used in this study is multiple linear regression analysis. The results indicate that both brand image and promotion have a positive and significant effect on the decision to choose STIE Enam Enam Kendari. In particular, brand image has a positive and significant effect on the decision to choose, while promotion has a positive but insignificant effect on the decision.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30